International

304 Anggota Militer Turki Ditangkap atas Upaya Kudeta Erdogan

Turki memerintahkan penangkapan 304 anggota militer atas tuduhan upaya kudeta terhadap Presiden Recep Tayyip Erdogan pada 2016.

Kantor berita Turki Anadolu Agency, Selasa (8/12) mengatakan penyelidikan yang dipimpin oleh jaksa di kota barat Izmir menargetkan para tersangka, termasuk lima kolonel di Angkatan Darat dan Angkatan Udara di 50 provinsi.

Lebih dari 285 orang tewas dalam upaya kudeta yang gagal pada Juli 2016. Seperti dikutip dari Associated Press, Ankara menyebut upaya itu diorganisir oleh Fethullah Gulen beserta para pengikutnya.

Gulen yang kini berada di Amerika Serikat, membantah terlibat dalam upaya tersebut.

Tetapi tindakan keras terhadap pengikut Gulen telah menyebabkan 292 ribu orang ditahan, 96 ribu di antaranya telah dipenjara sambil menunggu persidangan.

Lebih dari 130 ribu orang telah dipecat dari pekerjaan layanan publik melalui keputusan darurat. Dari jumlah itu, beberapa di antaranya adalah guru dan anggota polisi.

Kritikus mengatakan penangkapan dan pemecatan juga menargetkan oposisi lebih luas di bawah Undang-Undang Anti-Teror Turki.

Anadolu mengatakan operasi Izmir adalah yang terbesar terhadap personel angkatan bersenjata dalam hal jumlah dan pangkat tersangka.

Proses persidangan terhadap sejumlah pelaku upaya kudeta di Turki, baik dari militer maupun sipil, terus dilakukan.

Sampai saat ini tercatat ada 1.511 orang yang dijatuhi vonis penjara bervariasi antara 14 bulan hingga 20 tahun. Proses persidangan dilakukan di Ankara, Istanbul dan tujuh provinsi lain.

Beberapa hari lalu hakim Pengadilan Turki menjatuhkan hukuman 648 tahun penjara kepada seorang mantan pilot Angkatan Udara, Letnan Mustafa Ozkan, karena terbukti terlibat upaya kudeta pada empat tahun silam. Hakim juga menjatuhkan tiga vonis penjara seumur hidup kepada Ozkan.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!